Sabtu, 12 Mei 2012

Sejarah DPM(Dewan Perwakilan Mahasiswa) ITS

Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) ITS lahir berdasarkan hasil Musyawarah Besar(Mubes) IV yang dilakasanakan pada tahun 2011. Dewan Perwakilan Mahasiswa ITS yang selanjutnya disebut DPM ITS merupakan lembaga legislatif di tingkat Institut yang bersifat representatif terhadap mahasiswa ITS dan bertanggung jawab kepada massa pemilihnya yang mana tertuang dalam pasal 22 Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa(KD KM) ITS bagian kedua tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Mahasiswa ITS.

Gambar 1. Logo DPM ITS

Awalnya lembaga ini bernama Legislatif Mahasiswa(LM) ITS. Salah satu alasan mengapa namanya diganti menjadi Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) ITS adalah merujuk dari lembaga legislatif yang ada di Negara Indonesia yaitu Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) RI. Di sini ada kesamaan nama yaitu Dewan Perwakilan. Jika DPR RI representatif terhadap rakyat Indonesia analoginya DPM ITS representatif terhadap mahasiswa ITS. Pernyataan ini dikutip secara tidak langsung dari Saudara Ricky Permana, salah satu peserta Mubes IV yang juga menjabat sebagai Menteri Sosial Politik BEM ITS periode 2010/2011. Hal ini juga dibenarkan oleh Saudara M. Abdurochman, salah satu tim adhoc Mubes IV. Sebelumnya lembaga legislatif mahasiswa ITS pernah bernama Senat Mahasiswa ITS(SMITS).

Ada salah satu perubahan signifikan pasca Mubes IV yaitu lembaga legislatif yang awalnya hanya berada ditingkatan institut dibentuk juga di tingkatan fakultas sehingga juga lahirlah DPM Fakultas(DPM F). DPM ITS memegang fungsi controling terhadap BEM ITS sedangkan BEM F memegang fungsi controlling terhadap BEM Fakultas. Kedudukan DPM ITS dan DPM F bisa dilihat di struktur KM ITS.

Gambar 2. Struktur KM ITS

Lambang lembaga legislatif pun oleh kepengurusan DPM ITS yang pertama yaitu kepengurusan periode 2011/2012 diganti dari lambang yang bertuliskan Legislatif Mahasiswa menjadi Dewan Perwakilan Mahasiswa.
Baca juga Sejarah perkembangan organisasi mahasiswa di ITS.

Referensi: Hasil Mubes IV, Fakta kepengurusan DPM ITS

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Bermanfaat sekali infonya.

dedy safriansyah mengatakan...

salam YAKUSA
aku dari kalimantan nih, boleh minta bantuan gak,
km tau info tentang sejarahnya penerapan DPM menggantikan BLM di tingkat nasional,
makasih sebelumnya
salam Hijau Hitam

Ryan Mariyanto mengatakan...

Salam hijau hitam juga. DPM sama halnya dengan DPM. Namanya saja yang berbeda. Kalau di ITS lembaga legisltif berubah namanya. Mulai dari DEMA(Dewan Mahasiswa), SM(Senat Mahasiswa), LM(legislatif Mahasiswa) hingga yang terbaru DPM(Dewan Perwakilan Mahasiswa).

Anonim mengatakan...

AKU GOLEK LOGO DPM TERNYATAA MASS RYANNNNN... -,-