Sabtu, 12 Mei 2012

Wisata Air Panas Prataan


Perum Perhatani yang medio 2011 berganti logo dengan semangat baru punya KBM Jasa Lingkungan dan Produksi Lainnya (JLPL), yang memasarkan pariwisata kepada masyarakat umum. Di Tuban sementara ini punya dua obyek andalan Cluster Pantai Sowan dan kolam renang air panas Prataan di kecamatan Parengan Tuban.
Manager KBM JLPL Perhutani Jatim, Murgunadi melalui asisten managernya, Sunardi mengatakan dua obyek wisata di Tuban itu memang akan ditangani secara profesional, bahkan masing-masing telah ditunjuk para pengelolanya. Kekayaan hutan yang ada selain dilestarikan juga dikelola secara profesional agar saling menunjang.
”Di Prataan kolam renang yang dibangun memang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Kolam pemandian air panas alami ini berada di tengah-tengah hutan jati. Saat ini juga kami siapkan kolam dingin dan bumi perkemahan,” kata Sunardi sambil menyebut Perhutani juga menyediakan lahan outbond serta yang menarik adalah ‘jungle tracking’, petualangan melintasi hutan jati dengan jalan kaki.
Saat ini bila hari libur pengunjungnya cukup[ banyak bukan hanya berasal dari berbagai kota Tuban tetapi juga berasal dari berbagai kota di Jawa Timur. Pemandian air hangat yang dipercaya sebagai terapi penyembuhan penyakit tulang dan lainnya ini sangat diminati karena selain lokasinya di tengah hutan, udaranya sejuk dan mudah dijangkau karena berada di jalur jalan umum.
Selain Prataan di Tuban juga ada obyek wisata yang indah di tepi pantai Sowan. Cluster Sowan milik Perhutani ini juga mulai ‘dijual’ dengan fasilitas yang siap untuk bersaing dengan obyek wisata pantai lainnya. “Di sini secara alami pasirnya putih dengan view yang mempesona. Apalagi di sekitarnya terlihat hamparan hutan pohon Akasia, Klampis dan Mahoni yang menghijau,” kata Sunardi ramah.
“Selain hutan yang menghijau dan rimbun, bisa untuk bersantai dengan keluarga, kami juga menyediakan lokasi pemancingan ikan laut yang eksotis karena pemandangannya yang rupawan,” tambahnya. Di sini juga disediakan penginapan untuk keluarga dan handai taulan.
Bila ingin berakrab-akrab dengan alam sekitarnya, KBM PLJL Perhutani Jatim juga menyediakan lahan bumi perkemahan serta outbound area, baik untuk keluarga sendiri maupun untuk kelompok-kelompok tertentu.
Ketika ditanya obyek-obyek wisata lainnya, Murganadi menyebut sebenarnya cukup banyak di wilayah Tuban, kedepan nantinya akan dikelolala secara profesional misalnya Goa Putri Asih yang juga eksotis. “Kami sedang menunggu sikon yang mendukung dan nantinya bisa kami buka setelah persoalannya klir dengan pihak lain,” katanya singkat.
Di samping dua obyek wisata di Tuban yang jadi andalan itu, ada satu obyek wisata di Dander Bojonegoro. Hamparan hutan jati dengan sumber air yang mengalir di tengah lahan padang golf yang terpisah. Kawasan Dander juga bisa digunakan untuk bumi perkemahan, ATV Motorcycle dan lintas alam.
Di samping itu dengan air sumber yang alami telah dibangun kolam renang serta pnginapan bagi keluarga atau kelompok-kelompok lainnya yang ingin bermalam di antara hutan Dander.

Sumber dari Kotatuban.com

Tidak ada komentar: