Kamis, 31 Mei 2012

Advokasi Pembatalan Mata Kuliah: Contoh Surat Pembatalan Mata Kuliah

Hari ini teman saya dengan nama dan jurusan yang tak bisa saya sebutkan mengalami masalah akademik. Masalahnya seperti ini. Pada awal pengambilan FRS di semester 2 dia tidak diperkenankan oleh dosen wali untuk mengambil/mengulang mata kuliah Kalkulus I. Mata kuliah ini boleh diulang di semester 3. Akhirnya si dia pun tidak jadi mengambil mata kuliah ini.
Hari terus berlalu begitu juga minggu perkuliahan semakin tua. Sampai akhirnya tiba di minggu ke-16. Dan hari ini si dia tahu kalau mata kuliah kalkulus I yang sebenarnya tidak dia ambil masuk di sim akademiknya. Si dia begitu kaget. Dia merasa tidak mengambil mata kuliah ini tapi mengapa kok tertulis di sim akademik. Si dia tentu saja takut sebab mata kuliah ini pasti akan mendapat nilai E dikarenakan dia tidak punya nilai. Jangan nilai masuk kelasnya saja tidak pernah. Jika mendapat nilai E tentu akan mempengaruhi nilai IP si dia dan tentu saja akan berimbas pada pengambilan mata kuliah di semester 3.
Untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan pembatalan mata kuliah Kalkulus I yang secara tidak sengaja terambil. Sebenarnya sesuai peraturan akademik, mahasiswa diperkenankan untuk melakukan pembatalan mata kuliah dengan langsung mendatangi dosen wali. Tapi dalam kasus ini sudah sampai minngu ke-16. Tentu saja pembatalan mata kuliah tidak bisa dilakukan langsung oleh dosen wali. Solusinya adalah mengajukan surat permohonan pembatalan mata kuliah ke Pembantu Rektor I ITS dengan diketahui dosen wali dan ketua jurusan. Di bawah ini saya berikan contoh surat permohonan pembatalan mata kuliah yang bisa di download. Semoga ini bermanfaat untul Anda yang punya masalah serupa.


Contoh Surat Permohonan Pembatalan Mata Kuliah di sini

Tidak ada komentar: