Minggu, 21 Februari 2010

TAHUN GAJAH

Tahun kelahiran NAbi Muhammad disebut tahun Gajah atau Amul Fiil sebab pada tahu itu seorang yang bernama Abrahah, Panglima perang dari Habsyi(Habasyah) yang menjadi wali negri Yaman, dangan tentaranya yang berkendaraan gajah yang sangat besar jumlahnya datang hendak merobohkan ka’bah. Ada riwayat yang mengatakan sebanyak 60 orang.

Pada waktu itu yang menjadi pemuka kota Makkah adalah Abdul Mutholib, Kakek Rasulullah. Oleh karena ka’bah menjadi syiar agama sebagai tanda keagungan agama Islam, maka Tuhan tidak mengijinkannya dirobohkan begitu saja, sekalipun penduduk Makkah pada waktu itu tidak mampu untuk melawan pasukan gajah yang bukan tandingannya.

Tetapi Allah Maha Kuasa sengaja akan melindungi Ka’bah dari kehancurannya, mengingat bahwa pada tahun itu akan lahir seorang Nabi dari keturunan Quraisy di kota Makkah yaitu Nabi Muhammad yang berarti harus dilindungi penduduk Makkah yang masih lemah itu agar tidak musnah.

Maka setelah Abrahah dan tentaranya mendekati kota Makkah, penduduk Makkah bersembunyi di parit-parit dan bukit-bukit untuk menyelamatkan diri. Akhirnya atas pertolongan dan perlindunagn Allah SWT datanglah siksa Tuhan yang maha dahsyat yang dibawa oleh burung-burung yang berbondong-bondong membawa kerikil maut yang mengandung penyakit yang sangat berbahaya, sehingga mereka itu binasa, mati lemas bagaikan daun yang dimakan ulat.

Kalau dari tahun Hijriyah, maka tahun Gajah berkisar pada tahun 53 sebelum Hijriyah. Kisah Abrahah yag sangat bersejarah dan amat dahsyat itu dicantumkan dalam Al-Qur’an secara singkat dalam surat Al-Fiil.

Tidak ada komentar: