Minggu, 21 Februari 2010

KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW

Maulid nabi atau maulidun nabi, artinya kelahiran Nabi. Kalau dikatakan kita memperingati maulid nabi, artinya kita memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awal, Tahun Gajah atau kira-kira tanggal 20 April 571 Masehi di rumah Abu Thalib, pamannya dari keluarga bani Hasyim. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Mutholib. Sedangkan ibunya bernama Siti Aminah bintiWahab. Nama Abdullah dalam bahasa Arab berarti hamba Allah dan aminah berarti dapat dipercaya.

Beliau dilahirkan dalam keadaan yatim karena ayahnya yakni Abdullah bin Abdul Mutholib telah meniggal dunia ketika beliau masih dalam kandungan ibunya dalam usia kurang lebih dua bulan(riwayat lain menyebut tiga bulan).

Setelah lahir, ibunya segera memberi tahu kabar gembira ini kepada kepada kakeknya bernama Abdul Muthalib. Maka sangat gembiralah hati hati kakeknya itu dan kemudian memberi nama “Muhammad” yang artinya terpuji. Muhammad juga sering dipanggil dengan nama Ahmad yang artinya sangat terpuji.

Rupa-rupanya kakeknya itu mempunyai harapan agar supaya cucunya nanti menjadi orang yang baik dan terpuji. Terpuji di sisi Allah dan terpuji pula dalam pandangan manusia. Dan memang harapan itu akhirnya menjadi kenyataan. Muhammad menjadi seorang nabi yang membimbing kita dari jaman yang gelap menuju jaman yang terang benderang.

Tidak ada komentar: