Minggu, 06 Desember 2009

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah(PKTI)




PKTI merupakan kependekan dari Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini diadakan untuk mahasiswa baru sebagai pengenalan terhadap karya tulis. Kegiatan ini dilaksanakan oleh setiap jurusan di ITS. Salah satunya adalah jurusanku, jurusan fisika FMIPA, dimana kegiatan ini diadakan oleh Departemen Sains dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Fisika(Desaintek Himasika) ITS pada hari Sabtu, 21 November 2009 di salah satu rang di FMIPa.Tema yang diusung dalam kegiatan pelatihan ini adalah “Kembangkan Kreativitas serta Tuangkan Idemu dengan Menulis”.

Tujuan diadakan acara ini adalah mahasiswa memiliki bekal dan pengetahuan mengenai karya tulis dan diharapkan nantinya bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah atau dengan kata lain karyanya tersebut dapat ditampilkan dalam ajang-ajang/kompetisi penulisan karya tulis ilmiah. Antusias peserta tau mahasiswa baru untuk mengikuti pelatihan ini bisa dibilang cukup besar.Ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti acara ini.

Salah satu kesulitan paling mendasar dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah ialah bagaimana menciptakan suatu ide . Bagi sebagian besar mahasiswa ternyata menciptakan ide tentang karya tulis ilmiah adalah masalah yang cukup sulit. Selain itu, menuangkan atau menuliskan sebuah ide menjadi sebuah tulisan ternyata juga merupakan hal yang tidak mudah.

Dalam PKTI ini kami, angkatan fisika 2009 mendapatkan materi-materi yang penting mengenai karya tulis ilmiah. Mulai dari cara menumbuhkan ide, proses dan sistematika penulisan karya tulis sampai bagaimana cara menyampaikan sebuah karya tulis melalui presentasi.Pemateri-pematerinya pun adalh orang-orang yang hebat dan ahli di bidangnya seperti Pak Zainul Asrori, Pak Bandung dan Pak Pratikto.Dan tak kalah menariknya ada salah satu pemateri kita yang masih berstatus mahasiswa yaitu mahsiswa fisika angkatan 2006 bernama I Made Hardiyasa. Ternyata selain menulis karya ilmiah, menyampaikan karya ilmiah adalah salah satu hal yang tidak kalah penting, sehingga dalam kegiatan ini kami diajari teknik-teknik presentasi agar nanatinya apa yang telah kami tulis bisa disampaikan dengan baik.

Dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan mahasiwa baru bisa aktif dalam menulis karya tulis sehingga bisa berpartisipasi di kompetisi karya tulis seperti Program Kreativitas Mahasiswa(PKM). Dan tentunya harus bisa jadi juara lho. Selain dapat hadiah uang yang lumayan banyak kita juga bisa mengharumkan nama jurusan, HIMASIKA dan ITS sendiri. Terima kasih Himasika ITS. Vivat Fisika, Vivat ITS. Tunggulah karyaku!!!

Tidak ada komentar: