Minggu, 06 Desember 2009

Pelatihan Menulis Esai




Menulis adalah salah satu kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. Tapi, terkadang tidak bisa menuliskanapa yang ada di dalampikiran. Mereka kesulitan untuk menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan. Tak terkecuali diri saya sendiri.

Dengan diadakannya pelatihan menulis esai tentunya sangat bermanfaat bagi diri saya dan teman-teman lain yang mengikutinya. Pelatihan ini memberikan bagaimana cara menulis esai dengan baik dan benar. Pematerinya tak tanggung-tanggung adalah seorang juara esai yang diadakan Kompas. Ia bernama Ayos purwoaji, mahasiswa ITS FTSP.

Tujuan diadakan acara ini adalah mahasiswa memiliki bekal dan pengetahuan mengenai menulis esai dan diharapkan nantinya bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah atau dengan kata lain karyanya tersebut dapat ditampilkan dalam ajang-ajang/kompetisi penulisan karyatulis. Antusias peserta tau mahasiswa baru untuk mengikuti pelatihan ini bisa dibilang cukup besar.Ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti acara ini.

Salah satu kesulitan paling mendasar dalam menulis sebuah karya tulis ialah bagaimana menciptakan suatu ide . Bagi sebagian besar mahasiswa ternyata menciptakan ide tentang karya tulis ilmiah adalah masalah yang cukup sulit. Selain itu, menuangkan atau menuliskan sebuah ide menjadi sebuah tulisan ternyata juga merupakan hal yang tidak mudah.Menulis itu perlu latihan rutin dan terus-menerus.

Dalam pelatihan, kami mendapatkan materi-materi yang penting mengenai menulis esai. Mulai dari cara menumbuhkan ide, proses dan sistematika penulisan esai sampai bagaimana cara menyampaikan sebuah karya tulis melalui presentasi.Dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan mahasiwa baru bisa aktif dalam menulis esai atau karya tulis sehingga bisa berpartisipasi di kompetisi karya tulis . Dan tentunya harus bisa jadi juara lho.

Tidak ada komentar: